Senin, 01 Februari 2021

Jenis Sekolah dan Ruang Kelas Pendidikan Khusus

Ada berbagai sekolah dan program pendidikan khusus baik dalam lingkungan swasta maupun publik. Karena setiap anak memiliki persyaratan yang unik, tidak ada solusi satu untuk semua. Dengan 

perencanaan dan dukungan yang tepat, pendidikan anak Anda bisa menjadi pengalaman yang positif dan sukses.

Ruang Kelas Inklusi Penuh

Dalam jenis pengaturan ini, anak berkebutuhan khusus akan belajar bersama anak lain yang tidak memiliki ketidakmampuan belajar. Anak tersebut tidak dipilih sebagai anak yang berbeda, karena tidak ada siswa lain yang mengetahui tentang kebutuhan khususnya. Biasanya ada guru pendidikan khusus islami untuk ulang yang hadir di kelas tepat di samping guru reguler. Guru akan berbagi tugas dan instruksi - membantu semua siswa.

Ruang kelas inklusi memungkinkan setiap siswa untuk belajar pada level dan kecepatan mereka sendiri. Bahkan anak-anak yang tidak memenuhi syarat untuk layanan khusus, tetapi berjuang untuk mengimbanginya, akan mendapatkan keuntungan dari jenis kelas ini. Meskipun jenis pembelajaran ini bekerja dengan baik untuk kebanyakan anak, beberapa akan mengalami kesulitan menangani mendidik adalah memberdayakan rangsangan kelas reguler yang penuh dengan siswa.

Ruang Kelas Mandiri

Ruang kelas yang berdiri sendiri dipisahkan sehingga anak berkebutuhan khusus dapat menerima lebih banyak instruksi satu-satu. Jenis ruang kelas ini biasanya mengelompokkan sejumlah kecil anak dengan kebutuhan belajar yang sama. Bergantung pada ukuran sekolah, usia dan tingkatan anak di dalam kelas dapat bervariasi.

Sebagian besar pakar pendidikan merasa bahwa menghabiskan waktu dengan teman sebaya adalah bagian penting dalam pembelajaran. Karenanya, beberapa anak berkebutuhan khusus yang terdaftar di ruang kelas mandiri akan berbagi waktu yang sama di ruang kelas reguler setiap hari. Bergantung pada anak, Paraeducator dapat menemaninya saat berada di ruang kelas biasa.

Anak-anak yang membutuhkan bantuan satu-satu untuk mengikuti pekerjaan tingkat kelas, tetapi tidak membutuhkan struktur ruang kelas yang mandiri, dapat memperoleh manfaat dari penempatan ruang sumber daya.

Penempatan di Luar Distrik

Dalam kasus di mana anak berkebutuhan khusus memerlukan struktur kelas dan pengajaran yang lebih tinggi, penempatan di luar distrik mungkin merupakan pilihan terbaik. Jenis ruang kelas ini dapat berada di sekolah pendidikan khusus perumahan, swasta, atau negeri. Untuk bisa mengikuti pendanaan dari Dewan Pendidikan Negara, keluarga harus melalui proses aplikasi terlebih dahulu.

Sekolah Pendidikan Khusus Swasta

Program hari khusus swasta dan program residensial umumnya untuk anak-anak yang tidak berhasil di salah satu jenis ruang kelas pendidikan khusus lainnya. Meskipun terkadang layanan pendidikan di sektor swasta juga melayani bayi, balita, atau bahkan orang dewasa.

Sebelum memilih program sekolah swasta untuk anak berkebutuhan khusus, Anda harus mengunjungi dan menghabiskan waktu di sana. Ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan perasaan asli dan langsung dari sekolah untuk memutuskan apakah suasana, kegiatan, kursus, peluang, dan ketentuan akan memenuhi kebutuhan anak Anda.

Hal lain yang mungkin ingin Anda pertimbangkan adalah staf, fasilitas, layanan kesehatan, kebijakan kunjungan, makanan, dan seberapa baik pengawasan ditangani.

Anak berkebutuhan khusus Anda berhak mendapatkan pendidikan terbaik yang tersedia untuknya. Jangan lupa untuk meminta masukan anak Anda selama proses penelitian dan perencanaan Anda. Setelah ditempatkan di salah satu sekolah pendidikan khusus, terus pantau dan libatkan diri Anda dalam pendidikan dan pengasuhan anak Anda. Dan ingat, Anda selalu dapat membuat perubahan jika ada yang tidak berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar